Categories
Uncategorized

Manfaat dan bagaimana Hukum qurban online di indonesia

Satu hal yang penting untuk kita pahami, bahwa pada asalnya, tempat menyembelih kurban adalah daerah orang yang berqurban. Karena demikianlah yang dipraktekkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat. Bahkan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah sangat memotivasi masyarakat agar berkurban di daerah di mana dia berada. Meskipun, masyarakat setempat sudah mampu atau tergolong kaya. Karena tujuan utama berkurban, bukan semata-mata mendapatkan dagingnya, tapi lebih pada menerapkan sunah dan syiar kaum muslimin.

Pada hakekatnya hukum wakalah diperbolehkan dalam Islam. Hal ini sesuai dengan surat Al-Kahfi ayat 19. “Kemudian kirim salah satu dari Anda ke kota dengan uang perak Anda untuk melihat makanan mana yang lebih unggul, dan kemudian minta dia membawakan makanan untuk Anda,” katanya.

Itu bukan segalanya. “(Para ulama) ummat ini sepakat tentang kemampuan wakalah secara umum tentang keinginan yang membutuhkan perwakilan, karena setiap orang tidak mungkin menangani semua tuntutannya sendiri, jadi dia membutuhkan perwakilan untuk keinginannya,” Ibn Qudamah menulis dalam Al-Mughni.

Artinya, wakalah sah selama seseorang tidak mampu mengerjakannya sendiri. Jika Anda ingin melakukan qurban online, aturan yang sama berlaku.

Kehadiran pandemi yang membatasi aktivitas di luar ruangan, kurangnya waktu dalam memperoleh dan menyembelih hewan kurban, kurangnya pendidikan tentang pemilihan hewan kurban yang berkualitas, dan keinginan untuk menyumbangkan daging kurban kepada orang yang membutuhkan, semuanya menjadi penyebab.

Hukum Qurban Online di Indonesia

Qurban online telah menjadi praktik hukum di Indonesia. Majelis Ulama Indonesia bahkan telah memberikan restunya (MUI). Aturan ini tertuang dalam fatwa MUI nomor 36 tahun 2020 yang mengatur tentang hukum qurban online serta munculnya pandemi.

Melansir dari KH Miftahul Huda dari Komisi Fatwa MUI menjelaskan bahwa akad tawkil atau diwakili oleh lembaga tertentu, adalah sah. Dengan catatan bahwa akadnya tidak ambigu dan hewan kurbannya mengikuti syariah.

Makna tawkil dalam konteks ini adalah bahwa orang yang berqurban akan membayar sejumlah uang kepada lembaga qurban online, yang kemudian akan membeli, menyembelih, dan mendistribusikan hewan qurban kepada orang yang membutuhkan. Anda akan lebih mudah untuk berqurban sesuai dengan hukum Islam jika Anda menggunakan perusahaan pemasok qurban online.

Di sisi lain, bentuk daging kurban online dapat dipertahankan untuk memudahkan prosedur distribusi bagi masyarakat yang membutuhkan. Tujuannya agar daging kurban tetap dalam kondisi baik hingga sampai ke tangan penerima.

MUI juga telah memverifikasi ini dalam fatwa nomor 37 tahun 2019. Namun, ada beberapa batasan. Daging kurban yang disimpan antara lain tidak boleh melebihi jangka waktu atau waktu kurban berikutnya.

Dari nalar tersebut dapat kita simpulkan bahwa hukum qurban online adalah halal atau sah. Sebab, menurut Al-Qur’an dan hadits, wakalah jelas diperbolehkan karena cukup untuk membantu dan memperlancar pelaksanaan ibadah.

Anda dapat memanfaatkan layanan Qurban Online jika ingin melaksanakan qurban online dengan aman, selamat, dan terpercaya. Seluruh operasional kurban dilakukan dengan aman, cepat, tepat, dan berkualitas, mulai dari pemilihan hewan hingga pengalengan dan pendistribusian daging qurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published.